LAPORAN OBSERVASI
CLASSROOM
MANAGEMENT
“Pengelolaan Kelas di SMP N 5 Lintau Buo, Kab. Tanah
Datar”
By
ANDIKA
MODONA PUTRA
12040045
LECTURER
HEVRIANI
SEFRIKA, M.Pd.
TEACHERS TRAINING AND COLLEGE EDUCATION
ENGLISH DEPARTMENT
STKIP PGRI WEST SUMATERA
2014
DATA OBSERVASI
Nama mahasiswa :
Andika Modona Putra
Nim : 12040045
Jurusan : Bahasa Inggris
Nama sekolah tempat observasi :
SMP N 5 Lintau Buo
Alamat sekolah : Jln,Raya
Batu Bulat, Lintau Buo
Nip : 196705031989032004
Nama guru yang di observasi :
Ermiyalis,Spd
Alamat guru :
Tanjung Bonai
Kelas yang di ajarkan guru :
VIII
Tanggal observasi :
18 November 2014
Jam pengajaran guru :
07.30-09.10 WIB
Jumlah siswa dalam kelas :
24 Orang
HASIL OBSERVASI
A. Membuka Pelajaran
Keterampilan
membuka pelajaran dengan merupakan
komponen yang sangat penting dan sangat mutlak harus di kuasai oleh guru agar
siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajara.Dalam hal ini di sekolah yang
penulis amati guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama semoaga pembelajaran hari ini dapat
terlaksana dengan lancar. Setelah itu guru menyapa siswa dengan ungkapan
greeting ( Hello students?, How are you today? ) dan menanyakan kesiapan siswa
untuk mengikuti pelajaran hari ini ( Are you ready to study now). Kemudian guru
menanyakan kehadiran siswa , guru bertanya pada siswa apakah ada di antara
mereka yang tidak hadir.
Setelah
itu guru mengulas kembali topic pembelajaran minggu lalu dengan bertanya ke
pada siswa satu persatu. Ketika penulis melakukan observasi, topic yang di
pelajari siswa minggu lalu adalah “activity” ,
dalam hal ini guru bertanya kepada siswa tentang apa yang dilkukannya
pagi ini . (ex: What is your activity
this morning,What time do you get up?, etc ). Kemudian guru memberikan gambaran
materi yang akan di pelajari dan juga menjelaskan tentang objective dari materi
itu. Materi yang akan dipelajari ketika penulis observasi adalah “what are you
doing” (simple present continuous ) dan objective dari materi ini adalah siwa di
harapkan bisa menjelaskan tentan kegiatan yang sedang berlangsung.
B. Proses Pembelajaran
Setalah
itu guru memberi siswa tugas dengan menampilkan
gambar dan meminta siswa membuat kalimat tentang apa yang di lakukan
karakter dalam gambar dan menulisnya di buku mereka masing- masing. Guru
kemudian memberikan waktu untuk siswa
mengerjakan tugas dan menngawasi siswa mengerjakannya. Kemudian setelah waktu
habis guru meminta siswa menuliskan jawaban dari tugas yang di berikan guru ke
papan tulis. Setelah semua perrtanyaan di jawab oleh siswa dipapan tulis guru
melakukan koreksi bersama dengan siswa tentang apa yang telah di buat siswa
tersebut. Guru menanyakan apakah ada
yang salah dari jawaban tersebut kepada siswa dan bertanya kembali kepada siswa
apakah ada yang bisa memperbaikinya atau ada jawaban yang lain.
Setelah
semua selesai di perbaiki , guru kemudian menunjuk siswa dan kemudian
menyuruhnya berdiei di depan kelas. Kemudian guru bertanya keada siswa tersebut
tentang apa yang sedang di lakukan oleh teman nya dan meminta siswa menjawab secara lisan .
Kemudian guru meminta siswa bertanya
kepada temannya tentang apa yang sedang di lakukannya. Ketika proses ini
terjadi guru membimbing siswa bertanya dan menjawab pertanyaan agar sesuai
dengan topic yang sedang di pelajari.
Setelah
itu guru memberikan tugas dan meminta siswa duduk berpasangan, kemudian guru
memberikan gambar telah di print out kepada siswa . Kemudian guru menjelaskan
langkah – langkah tentang apa yang harus
di kerjakan oleh siswa. Ketika siswa
mengerjakan tugas guru terus memantau siswa dan menjawab setiap pertanyaan
siswa jika ada siswa yang kurang mengerti tentang tugas yang sedang di
kerjakannya. Guru juga membimbing siswa selama memeberikan tugas dan memberikan
arahan tentang apa yang di lakukan karakter di dalam gambar. Setelah semua
siswa selesai guru meminta siswa menulis jawaban di papan tulis dan mengoreksinya
bersama dengan siswa.
C. Menutup Pelajaran
Kesimpulan
Berdasarkan
observasi yang telah penulis lakukan di SMP N 5 Lintau Buo, yang telah di
lakukan pada tanggal 18 November 2014, di Kelas VIII. Dari hasil pengamatan
penulis, sebagai guru bahasa inggris ,
Bu Ermiyalis,Spd memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari
membuka sampai menutup pelajaran guru mampu mengontrol dan membimbing siswa
dengan baik sehingga pembelajaran yang di lakukan terlakasana dengan baik. Saat
proses belajar mengajar guru mampu mencuri perhatian siswa siswa bisa terfokus pada pembelajaran yang di
ajarkan. Guru mampu juga mampu menggunakan media ajar dengan baik dan sesuai
dengan topic yang di ajarkan. Media yang di gunakan guru sangat mempengaruhi siswa dan menarik
perhatian untuk mengikuti pembelajaran.
Di
sisi lain , hal yang sangat penulis sayangkan adalah kurangnya ke aktifan siswa
dalam merespon pertanyaan guru. Hal ini di sebabkan karena beberapa faktor yang
antara lain: minimnya vocabulary yang di kuasai siswa, rasa malu, terbatasnya
pengetahuan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai.Untuk membuat siswa
agar lebih aktif lagi di butuhkan kerja keras sang guru agar siswa lebih
termotivasi lagi dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar