Jumat, 27 Februari 2015

CLASSROOM MANAGEMENT “Pengelolaan Kelas di SMP N 5 Lintau Buo, Kab. Tanah Datar"



LAPORAN OBSERVASI
CLASSROOM MANAGEMENT
 Pengelolaan Kelas di SMP N 5 Lintau Buo, Kab. Tanah Datar”














By
ANDIKA MODONA PUTRA
12040045

LECTURER
HEVRIANI SEFRIKA, M.Pd.

TEACHERS TRAINING AND COLLEGE EDUCATION
ENGLISH DEPARTMENT
STKIP PGRI WEST SUMATERA
2014







DATA OBSERVASI

Nama   mahasiswa                               : Andika Modona Putra
Nim                                                     : 12040045
Jurusan                                                : Bahasa Inggris
Nama sekolah tempat observasi          : SMP N 5 Lintau Buo
Alamat sekolah                                   : Jln,Raya Batu Bulat, Lintau Buo
Nip                                                      : 196705031989032004
Nama guru yang di observasi              : Ermiyalis,Spd
Alamat guru                                        : Tanjung Bonai
Kelas yang di ajarkan guru                 : VIII
Tanggal observasi                                : 18 November 2014
Jam pengajaran guru                           : 07.30-09.10 WIB
Jumlah siswa dalam kelas                   : 24 Orang




HASIL OBSERVASI

A. Membuka Pelajaran
           
            Keterampilan membuka pelajaran dengan  merupakan komponen yang sangat penting dan sangat mutlak harus di kuasai oleh guru agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajara.Dalam hal ini di sekolah yang penulis amati guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama  semoaga pembelajaran hari ini dapat terlaksana dengan lancar. Setelah itu guru menyapa siswa dengan ungkapan greeting ( Hello students?, How are you today? ) dan menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran hari ini ( Are you ready to study now). Kemudian guru menanyakan kehadiran siswa , guru bertanya pada siswa apakah ada di antara mereka yang tidak hadir.
            Setelah itu guru mengulas kembali topic pembelajaran minggu lalu dengan bertanya ke pada siswa satu persatu. Ketika penulis melakukan observasi, topic yang di pelajari siswa minggu lalu adalah “activity” ,  dalam hal ini guru bertanya kepada siswa tentang apa yang dilkukannya pagi  ini . (ex: What is your activity this morning,What time do you get up?, etc ). Kemudian guru memberikan gambaran materi yang akan di pelajari dan juga menjelaskan tentang objective dari materi itu. Materi yang akan dipelajari ketika penulis observasi adalah “what are you doing” (simple present continuous ) dan objective dari materi ini adalah siwa di harapkan bisa menjelaskan tentan kegiatan yang sedang berlangsung.



B. Proses Pembelajaran

            Guru memulai pembelajaran dengan menampilkan gambar menggunakan media power point di papan tulis,kemudian guru  bertanya kepada siswa tentang gambar tersebut. Guru menanya siswa (  ex: What are they doing? ) untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang gambar yang di tampilkan yang berkaitan dengan topic pembelajaran yang akan di pelajari. Kemudian guru memberikan contoh kalimat yang sesuai dengan gambar dan meminta siswa mengikuti apa yang di katakannya.Setelah itu guru menunjuk gambar dan meminta siswa menjelaskan apa yang di lakukan oleh karakter yang ada di dalam gambar berdasarkan contoh yang telah di berikan guru sebelumnya.
            Setalah itu guru memberi siswa tugas dengan menampilkan  gambar dan meminta siswa membuat kalimat tentang apa yang di lakukan karakter dalam gambar dan menulisnya di buku mereka masing- masing. Guru kemudian  memberikan waktu untuk siswa mengerjakan tugas dan menngawasi siswa mengerjakannya. Kemudian setelah waktu habis guru meminta siswa menuliskan jawaban dari tugas yang di berikan guru ke papan tulis. Setelah semua perrtanyaan di jawab oleh siswa dipapan tulis guru melakukan koreksi bersama dengan siswa tentang apa yang telah di buat siswa tersebut.  Guru menanyakan apakah ada yang salah dari jawaban tersebut kepada siswa dan bertanya kembali kepada siswa apakah ada yang bisa memperbaikinya atau ada jawaban yang lain.
            Setelah semua selesai di perbaiki , guru kemudian menunjuk siswa dan kemudian menyuruhnya berdiei di depan kelas. Kemudian guru bertanya keada siswa tersebut tentang apa yang sedang di lakukan oleh teman nya dan  meminta siswa menjawab secara lisan . Kemudian guru meminta siswa  bertanya kepada temannya tentang apa yang sedang di lakukannya. Ketika proses ini terjadi guru membimbing siswa bertanya dan menjawab pertanyaan agar sesuai dengan topic yang sedang di pelajari.
            Setelah itu guru memberikan tugas dan meminta siswa duduk berpasangan, kemudian guru memberikan gambar telah di print out kepada siswa . Kemudian guru menjelaskan langkah – langkah  tentang apa yang harus di kerjakan oleh siswa.  Ketika siswa mengerjakan tugas guru terus memantau siswa dan menjawab setiap pertanyaan siswa jika ada siswa yang kurang mengerti tentang tugas yang sedang di kerjakannya. Guru juga membimbing siswa selama memeberikan tugas dan memberikan arahan tentang apa yang di lakukan karakter di dalam gambar. Setelah semua siswa selesai guru meminta siswa menulis jawaban di papan tulis dan mengoreksinya bersama dengan siswa.
C. Menutup Pelajaran
            Setelah semua materi pelajaran di sampaikan oleh guru, guru me-review kembali pembelajaran hari dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang pemahaman siswa tentang apa yang telah mereka pelajari. Guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada di antara mereka yang masih belum mengerti mengenai topic pembelajaran. Kemudian guru memberikan siswa tugas untuk dikerjakan dirumah. Sebelum kelas di akhiri , untuk menghilangkan kejenuhan siswa  guru memutar sebuah lagu berbahasa inggris dan bernyanyi bersama dengan siswa. Setelah itu guru menutup pembelajaran dan kemudian mengucapkan salam





Kesimpulan

            Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan di SMP N 5 Lintau Buo, yang telah di lakukan pada tanggal 18 November 2014, di Kelas VIII. Dari hasil pengamatan penulis, sebagai guru  bahasa inggris , Bu Ermiyalis,Spd memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari membuka sampai menutup pelajaran guru mampu mengontrol dan membimbing siswa dengan baik sehingga pembelajaran yang di lakukan terlakasana dengan baik. Saat proses belajar mengajar guru mampu mencuri perhatian siswa siswa  bisa terfokus pada pembelajaran yang di ajarkan. Guru mampu juga mampu menggunakan media ajar dengan baik dan sesuai dengan topic yang di ajarkan. Media yang di gunakan guru  sangat mempengaruhi siswa dan menarik perhatian untuk mengikuti pembelajaran.
            Di sisi lain , hal yang sangat penulis sayangkan adalah kurangnya ke aktifan siswa dalam merespon pertanyaan guru. Hal ini di sebabkan karena beberapa faktor yang antara lain: minimnya vocabulary yang di kuasai siswa, rasa malu, terbatasnya pengetahuan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai.Untuk membuat siswa agar lebih aktif lagi di butuhkan kerja keras sang guru agar siswa lebih termotivasi lagi dalam belajar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar